Skip to content

PENERAPAN ILMU PENGOLAHAN CITRA PADA KONSEP SONAR KAPAL SELAM MILITER

September 27, 2010

Pengolahan citra adalah teknik pengolahan citra / gambar, mentranformasikan citra menjadi citra lain. Jadi masukkannya adalah citra dan keluarannya juga citra, tapi citra keluarannya memilikin kualitas yang lebih baik dari pada citra masukkan. yang bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi atau di mengerti oleh orang lain.

Ilmu pengolahan citra dapat di terapkan pada bidang militer, khususnya pada konsep Sonar kapal selam. Sonar (sound navigation and ranging) adalah suatu metode yang memanfaatkan perambatan suara didalam air untuk mengetahui keberadaan obyek yang berada dibawah permukaan kawasan perairan. Secara garis besar sitem kerja sebuah peralatan sonar adalah mengeluarkan sumber bunyi yang akan menyebar didalam air. Bunyi ini akan dipantulkan oleh obyek didalam air dan diterima kembali oleh sistem sonar tersebut. Berdasarkan penghitungan kecepatan perambatan suara didalam air maka letak obyek didalam air tersebut dapat diketahui jaraknya dari sumber suara. Pada peralatan sonar yang lebih canggih, bentuk fisik ataupun bahan pembentuk obyek itu dapat diketahui juga. Konsep Sonar inilah yang merupakan penerapan ilmu pengolahan citra yg mengolah objek bawah laut menjadi gambar / citra / tampilan yang di tampilkan oleh layar monitor dengan operasi rekonstruksi citra.

Konsep sonar tidak hanya di terapkan pada kapal selam, tapi juga di gunakan oleh nelayan pada alat fishfindernya untuk mencari kawanan ikan di bawah laut. Ilmu pengolahan citra pun tidak hanya di terapkan pada bidang militer saja, tetapi juga di terapkan pada bidang kedokteran, pertanian, arkeologi,astronomi, pertanian dan lain-lain.

Referensi :

http://www.bunyu-online.com/2008/10/sonar.html

wikipedia

From → semester 5

One Comment
  1. ririn permalink

    hmmm.bru mau gw ambil.
    nice kok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: