Skip to content

Gitar Klasik

Oktober 27, 2009

berikut ini ada sedikit pelajaran gitar klasik yg saya pelajari, di dalamnya terdapat teknik dasar, teori, istilah-istilah dalam musik khususnya gitar klasik dan masih banyak hal. mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kalian yg sedang menekuni dunia musik khusunya gitar klasik.

SIKAP DUDUK :

Untuk mendapatkan hasil permainan gitar yang baik maka harus diperhatikan juga sikap duduk dan memegang gitar dengan baik, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

– gunakan kursi tanpa lengan yang tingginya sesuai, kira-kira setinggi 40 sampai dengan 50 cm, di sesuaikan dengan kondisi tubuh

– duduk dengan tidak bersandar pada sandaran kursi

– letakkan kaki kiri pada alat penyangga kaki (foot stool) dan arahkan lurus kedepan, tinggo dari foot stool dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh

– letakkan gitar pada pangkal atas kaki kiri, tepat pada bagian lengkung pinggang dari gitar. leher gitar miring ke atas sehingga bagian kepala gitar sejajar dengan tinggi bahu. hali ini perlu untuk mendapatkan daya jangkau yang optimal dari tangan kiri kita

– letakkan siku pada tangan kanan sehingga tangan kanan dapat leluasa dan menekan gitar tersebut kebawah dengan gaya beratnya sendiri

Tangan Kiri : Jari kiri diberi tanda dengan urutan dari 1 sampai dangan 4 mulai dari telunjuk (telunjuk : 1, tengah : 2, manis : 3, kelingkin : 4)

Tangan kanan  : Jari kanan diberi tanda dengan urutan abjad p, i, m, a dan ch (Pulgar, Indice, Medio, Anular dan Chico) mulai dari ibu jari, (ibu jari : p, telunjuk : i, tengah : m, manis : a, kelingking : ch)

untuk mendapatkan posisi tangan kanan yang baik, ikuti beberapa tahapan dibawah ini:

– luruskan semua jari dengan telapak tangan menghadap ke bawah, aturlah jarak dari telapak tangan ke papan muka gitar kira-kira sejauh 5-6 cm

– lemaskan ke bawah seluruh jari mulai dari pergelangan tangan sehingga bentuk jari melengkung

– tanpa merubah jarak dari pergelangan tangan, putarlah arah jari sehinggabagian telapak tangan menghadap ke papan muka gitar

– letakkan jari pada masing-masing dawai dengang urutan : p pada dawai 6, i pada dawai 3, m pada dawai 2, dan a pada dawai 1

Teknik Dasar :

Tirando/ Al Aire

Tirando adalah teknik memetik dawai dengan arah jari menuju ke telapak tangan. petikan ini digunakan untuk memainkan Chord atau suara yg lembut dari sebuah lagu.

Gerakan dasar dari petikan ini dimulai dari pangkal ruas jari, artinya seluruh bagian jari akan ikut bergerak/berayun.

Apoyando

Petikan dengan arah “ke dalam” (lubang suara), sehingga jari akan bersandar / tertahan pada dawai berikutnya. Teknik ini digunakan untuk memainkan nada tunggal, misalnya pada bagian melodi atau tangga nada dan nada beraksen (keras)

Gerakan dasarnya sama dengan petikan tirando, yaitu gerakan dari dari pangkal ruas jari. Perlu diperhatikan, persiapan sebelum memetik, jari tidak menyentuh dawai terlebih dahulu, melainkan berada pada jarak kira-kira 1 cm dari atas dawai. Sehingga gerakannya nanti seolah olah merupakan gerakan memukul (stroke). Ini dimaksudkan untuk menghasilkan volume suara yg lebih kuat, bulat dan legato (bersambung).

Teori:

1. Musik ditulis dengan menggunakan 5 garis paralel yang sejajar, yang disebut garis nada/paranada/notelines, kumpulan ke 5 garis tersebut dinamakan staff. staff ini dihitung mulai dari bawah ke atas. Dari kelima garis ini maka terbentuklah 4 buah ruang diantara garis yang dinamakan space (spasi) juga dihitung dari bawah.

2. Kadang-kadang itu tidak cukup unutk ditulis dengan menggunakan menggunakan 5 garis utama saja, maka untuk hal ini diperlukan garis-garis tambahan yang disebut garis bantu / leger line.

3. ke 5 garis nada itu dibagi-bagi oleh sebuah garis vertikal yang disebut garis birama, sehingga terjadilah ruang-ruang yang dinamakan birama / bar.

Istilah – istilah dalam musik :

1. Nada : adalah bunyi yang beraturan, yaitu memiliki frekuensi tunggal tertentu

2. Irama : pengaturan bunyi dalam waktu/ ketukan

3. melodi : rangakaian nada yang dimainkan secara aturan/ tunggal

4. chord : rangakaian nada yang dimainkan secara bersama-sama / bareng

5. musik : kumpulan dari Nada, Irama, melodi, dan chord yang telah diharmonisasi

6. Treble Clef : biasanya disebut kunci G, yang menunjukan bahwa nada G dituliskan pada garis ke 5 dari bawah. dengan pedoman ini maka kita dapat mengetahui dan menentukan nada-nada berikutnya.

7. Rasqueado : teknik memainkan chord dengan menggunakan jari ch, a, m dan i secara bergantian dalam 1 hitungan

8. Index Strum : teknik strum hanya dengan jari i saja

9. C = Ceja : Menekan seluruh dawai menggunakan jari 1

10. M/C = Medio Ceja : Menekan tiga dawai yang bawah menggunakan jari 1

11. Dawai : Senar

demikian pelajaran yang dapat saya sampaikan, masih banyak kekurangan dalam materi ini, mungkin di lain kesempatan akan ditambah,,.

see u next chapter

sumber :

– Buku pelajaran gitar klasik 1, purwacaraka.

– wikipedia

From → All 'bot Music

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: