Skip to content

Pelajaran Rock

Oktober 21, 2009

Pengaruh rock/ metal terhadap saya ? Bagi saya rock/ metal lebih dari sekedar musik berisik, looks, atau lifestyle. Somehow, metal offers a lot of knowledge or way of thinking. Kok bisa? Keep on reading & sorry for the language…

Learn Management from Steven Tyler ! Not Bill Gates…πŸ™‚

Banyak sekali knowledge dan pembelajaran yang bisa kita dapatkan dengan menjadi fans musik rock/ metal. Misalnya, ada banyak sekali grup metal yang lalu lalang; ada yang datang dan pergi, akan tetapi ada juga yang menjadi legend dan seolah2 tidak lekang dimakan zaman : misalnya, Aerosmith. Apa beda para “immortal” ini dengan band yang hilang setelah 1 atau 2 album? Kenapa β€žproduct life cycle” dari grup2 ini begitu panjang. Para guru manajemen pasti akan bilang bahwa mereka punya “competitive advantage” yang susah ditiru pada produk mereka (album & songs), dan tentu saja mempunyai “comparative advantage” yaitu bakat mereka yang istimewa. Mempelajari riwayat sebuah grup metal seperti ini bagi saya, lebih memudahkan saya untuk mengerti implementasi konsep2 manajemen seperti strategic management atau balance scorecards, ketimbang membaca jurnal manajemen yg bertele2 dan membosankan. Saya & adik saya (yg fans berat Aerosmith) suka banget diskusi seperti ini, ada apa dgn Aerosmith, atau Stones. Dan poin analisis yg muncul kurang lebih sama dengan poin analisis kalau kita ngomongin IBM, GE, atau Microsoft.

Inovasi : belajarlah dari musisi rock/ metal

Ada banyak sekali pembelajaran mengenai inovasi dari para musisi metal. Inovasi dapat kita lihat pada saat Carcass atau Napalm Death pertama kali memperkenalkan ketukan cepat yg kemudian disebut dengan grindcore. Atau pada saat Euronymous dan friends pertama kali memakai corpse paint dan bernyanyi dengan gaya screaming yg relatif berbeda pada zamannya. Atau bahkan pada Dragonforce, yang mendefinisikan ulang batasan metal; power/ speedmetal, pake keyboards, trus ada grind-nya dikit. Sebuah inovasi, I guess.

Semuanya bagi saya sangat inspirasional dan mempengaruhi cara kerja dan cara pandang saya sehari-hari, baik sebagai individu, maupun dalam doing my job. Doing things in a different way…

Character building : Dengarkan David Coverdale ! Bukan hanya Stephen Covey….

Dengarkan & bacalah lirik2 lagu metal tertentu dengan pikiran dan hati yang terbuka; you will find an additional strength within you. Misalnya, dengan mendengarkan dan membaca “Here I go Again” dari Whitesnake. Atau “Number One” dari Helloween. Trus “Dreamland” dari Hammerfall juga bisa. Bagi saya, message yg mereka sampaikan jauh lebih bisa dimengerti dan ikut membangun karakter saya sehari-hari. Jauh lebih baik dibandingkan membaca bukunya Stephen Covey atau Andrie Wongso. Metal music could build human character.

Change Management : belajarlan dari Mille Petrozza, bukan cuma Rhenald Khasali

Perhatikan bagaimana Kreator bermetamorfosis mulai dari Pleasure to Kill, Terrible Certainty, Extreme Aggression, Coma of Souls, Renewal, Outcast, Endorama, Violent Revolution, dan terakhir Enemy of God .Sound2-nya begitu beragam dan kadang2 relatif sangat jauh dibandingkan style pada album sebelumnya. Perubahan2 ini tentunya didasarkan pada berbagai alasan dan harus direalisasikan walaupun harus membongkar pasang personil. Restukturisasi adalah hal yg lumrah dalam sebuah change management. Kenapa harus change ? Tentunya untuk survive dan memperpanjang “product life cycle.” Perubahan memang akan mengundang pro dan kontra, akan tetapi apabila di-manage dgn baik pada akhirnya akan memperlihatkan hasil yang dapat dibanggakan. Tidak ada yg bilang Mille tidak sukses khan? Seorang CEO harus belajar dari Mille Petrozza !!

There are more in metal if we see it in a various perspective.

Stay metal, stay hard & heavy…

From → All 'bot Music

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: