Skip to content

SISTEM EKONOMI TRADISIONAL

Februari 21, 2010

Sistem Ekonomi Tradisional Sistem ekonomi ini merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untuk kepentingan bersama (demokratis), sesuai dengan tata cara yang biasa ditempuh oleh nenek moyang sebelumnya.

Dalam sistem ini segala barang dan jasa yang diperlukan, dipenuhi sendiri oleh masyarakat itu sendiri. Tentunya Anda akan bertanya apa tugas pemerintah dalam sistem ekonomi tradisional ini?

Dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum. Dengan kata lain kegiatan ekonomi yaitu masalah apa dan berapa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi semuanya diatur oleh masyarakat.

Pada umumnya, sistem perekonomian ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan. Misalnya Etiopia. Tapi pada umumnya, sistem ekonomi ini sangatlah primitif dan hampir tidak ada lagi di dunia.

Ciri dari sistem ekonomi tradisional adalah :

1.Teknik produksi dipelajari secara turun temurunĀ  dan bersifat sederhana

2.Hanya sedikit menggunakan modal

3.Pertukaran dilakukan dengan sistem barter (barang dengan barang)

4.Belum mengenal pembagian kerja

5.Masih terikat tradisi

6.Tanah sebagai tumpuan kegiatan produksi dan sumber kemakmuran

Kelebihan dan Kelemahan :

Sistem ekonomi tradisional memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Tidak terdapat persaingan yang tidak sehat, hubungan antar individu sangat erat

2. Masyarakat merasa sangat aman, karena tidak ada beban berat yang harus dipikul

3. Tidak individualistis

Kelemahan dari sistem ekonomi tradisional adalah :

1. Teknologi yang digunakan masih sangat sederhana, sehingga produktivitas rendah

2. Mutu barang hasil produksi masih rendah

Saat ini sudah tidak ada lagi negara yang menganut sistem ekonomi tradisional, namun di beberapa daerah pelosok, seperti suku badui dalam, sistem ini masih digunakan dalam kehidupan sehari – hari

About these ads
34 Komentar
  1. gila permalink

    cnth kebiasan sistem tradisional apa ya?

    • yang saya pahami, sistem barter barang merupakan contoh dari sistem tradisional,,
      karena pada jaman dahulu uang belum digunakan sebagai alat tukar,,

      • lindah permalink

        negara2 apa saja kha,yang termasuk dalam sistem tersebut…….?????????????

      • sistem perekonomian tradisional ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan. udah hampir gak ada lagi penganut sistem ekonomi tradisional di dunia ini.
        mungkin di ethiopia yang masih menganut sistem ini.

  2. denny permalink

    waduh contoh negara nya apa aja nih???

    • sistem perekonomian tradisional ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan. udah hampir gak ada lagi penganut sistem ekonomi tradisional di dunia ini.
      mungkin di ethiopia sedikit banyak masih menganut sistem ini.

  3. yoana permalink

    5 contoh negara yang mnganut sistem ekonomi tradisional tuh apaa sih ?

    • sistem perekonomian tradisional ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan. udah hampir gak ada lagi penganut sistem ekonomi tradisional di dunia ini.
      mungkin salah satunya ethiopia yang sedikit banyak masih menganut sistem ini.

  4. Riri permalink

    apakah suku Baduy,Asmat dan Dani serta Dayak dapat dikategorikan dalam sistem ekonomi tradisional? jelaskan!

    • bisa dikategorikan seperti itu,, selama suku-suku tersebut masih memiliki ciri-ciri sistem yang ada di dalam tulisan.
      setau saya suku badui, luar maupun dalam sudah mengenal dan menggunakan uang sebagai alat tukar, gak tau kalau suku-suku yang lain,

  5. lindah permalink

    kenapa kho gk tulis tentang negara2 di asean aja….

    • setau saya negara-negara di asean sudah semuanya tidak menganut sistem ekonomi tradisional, karena Indonesia sendiri dikategorikan sebagai negara berkembang dan sudah mengenal uang sebagai alat tukar

  6. joshua permalink

    terima kasih,, sangat membantu tugas saya

  7. Firius permalink

    Terima kasih ilmunya….

  8. mengapa jaman dahulu itu memakai sisten ekonomi tradisional???

  9. i like kuliner mak nyussssssss. . . . . . . . . . .
    wowowowowowowowow

  10. saniarsyah permalink

    mkasih wezt bwat artikeL nya,,,, ngeringanin tugasku,,,,,!!!!!!!!!

  11. sari permalink

    sistem ekonomi tradisional yang jelas sudah tidak ada satupun negara yang menganutnya tetapi di indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa di mana banyak di antara mereka yang belum mengenal uang sbg alat tukar..di sini mereka masih menggunakan SE tradisional

  12. dinn permalink

    kelebihan sistem ekonomi tradisional apa ya?

    • sudah saya masukkan dalam tulisan,,

      Sistem ekonomi tradisional memiliki kelebihan sebagai berikut :

      1. Tidak terdapat persaingan yang tidak sehat, hubungan antar individu sangat erat

      2. Masyarakat merasa sangat aman, karena tidak ada beban berat yang harus dipikul

      3. Tidak individualistis

  13. dari cri-cri sstem ekonomi tradisionl ada yg disbutkan “hnya sdkit mnggunakanmodal” . maksud dan contohnya itu apa ka?

    • dalam hal ini bisa terdapat beberapa faktor, dari ciri-ciri lain disebutkan bahwa sistem ini Teknik produksinya dipelajari secara turun temurun dan bersifat sederhana, itu yang membuat hanya sedikit menggunakan modal, begitupun dengan ciri-ciri terkait lainnya

  14. Sarah aini permalink

    Mkasih,bgus bgt.aq slin jdi pr q.

  15. Thank you for the information. It really helps with my economic study. :)

  16. Nenexbernabu permalink

    salah satu ciri sistem ini adalah ‘belum mengenal spesialisasi,maksut nya apa.??

  17. laras permata shafira permalink

    terimakasih infonya sangat membantu :)

  18. terima kasih infonya kak :))
    izin copas buat tugas sekolah :mrgreen:

  19. adnan permalink

    kok saya shi tdk menemukan gambar nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: